Info Penting Hari Ini !!!

Selamat Datang di KARYA KAMAL. Apa yang Sedang Sahabat Cari ??? Moga Blog Ini Bisa Membantu Sahabat Semua...!!! Kabar Gembira, Novel Sampan di Seberang akan segera dipublikasikan di blog ini agar para sahabat setia bisa menikmati karya yg pernah menang dalam kompetisi novel ini. Novel "Sampan di Seberang" diangkat dari kisah nyata pengalaman mengabdi di daerah terpencil. Novel "Sampan di Seberang" Tentang Pengabdian, Persahabatan & Kenangan, Tunggu Kehadirannya...!!! Karya Kamal; Novel Jalan Impian, Novel Pardangolan, Novel Sampan di Seberang, Buku Bait Bait Hati & Buku Facebook Mengguncang Dunia Akhirat. __Mustopa Kamal Batubara__ __Facebook: Mustopa Kamal Batubara.__ __Instagram: @kamal_btr.____Twitter: @mustopakamalBTR____Email: mustopakamalbatubara@gmail.com__ __Salam Karya Kamal__

Selasa, 14 April 2015

KREATIF MENULIS ESSAI
Oleh Mustopa Kamal Btr


Karangan yang satu ini biasanya hanya terlihat di lembaran koran dan majalah. Pembacanya juga hanya digemari oleh kalangan tertentu saja, seperti politikus, mahasiswa dan cendikiawan. Kalangan awam kurang menyukai bentuk tulisan ini. Yang berminat menulis karangan ini juga tidak terlalu banyak jika dibandingkan dengan tulisan lain seperti cerpen, puisi dan pantun. Entah apa penyebab dari semua ini. Mungkin bentuk karangan yang satu ini dianggap hanya sebuah pelengkap saja dari sastra-sastra lain.
Menulis essai tidaklah susah jika ada kemauan keras dan kreatifitas dari si penulis. Menulis essai itu sebenarnya sangat menyenangkan, si penulis kelak akan ketagihan untuk menuangkan gagasan dalam karangannya. Si penulis juga akan lebih termotivasi jika essai-essainya sering dimuat di koran maupun majalah. Semakin sering seseorang menulis essai maka ide-ide akan semakin banyak bermunculan dan gaya bahasa dan bobot tulisan si penulis akan semakin bagus. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak mau mencoba menulis essai.
Karena essai merupakan sebuah karangan yang membahas sebuah permasalahan dari sudut pandang seorang penulis maka ada beberapa hal yang tidak boleh diabaikan si essais, seperti kesubjektifan penulis dalam memaparkan gagasan, kesesuaian tema tulisan, kekuatan argumentasi dan kelogisan isi. Saat ini banyak kita dapati kesalahan-kesalahan dalam penulisan essai yang kurang mengindahkan kaedah penulisan dalam tata bahasa Indonesia, terutama pada penulis essai pemula.
Dalam situs site.google.com disebutkan si essais sering kurang teliti pada saat proses penulisan, sehingga banyak essai-essai yang telah diterbitkan di media massa kurang memperhatikan kaidah Tata Bahasa Indonesia. Kesalahan tulisan yang sering terdapat dalam essai tersebut antara lain penulisan kata diary seharusnya dalam Bahasa Indonesia yang benar adalah diari. Penulisan kata di rusak, seharusnya yang benar adalah dirusak (karena hanya sebuah penjelas dan tidak menunjukkan sebuah tempat). Selain itu juga terdapat beberapa kata yang kurang konsisten seperti penggunaan kata aku, terkadang dalam kalimat lain dibuat dengan kata saya. Selain kesalahan diatas, masih banyak lagi kesalahan-kesalahan dari penulisan essai yang sering kita dapati di media massa.

Jika mau berusaha dan mencoba menulis essai yang baik dan benar, semua akan terasa mudah. Media akan berebutan untuk menerbitkan essai anda, orang-orang akan selalu menantikan dan menghargai gagasan anda. Semakin sering anda menulis essai maka ide dan kretifitas anda akan semakin terasah. Jadi tuggu apalagi untuk menulis essai. Anda adalah essais kreatif yang telah dituggu-tunggu…!!!

0 komentar:

Translate

Jumlah Pembaca

Instagram @kamal_btr