Info Penting Hari Ini !!!

Selamat Datang di KARYA KAMAL. Apa yang Sedang Sahabat Cari ??? Moga Blog Ini Bisa Membantu Sahabat Semua...!!! Kabar Gembira, Novel Sampan di Seberang akan segera dipublikasikan di blog ini agar para sahabat setia bisa menikmati karya yg pernah menang dalam kompetisi novel ini. Novel "Sampan di Seberang" diangkat dari kisah nyata pengalaman mengabdi di daerah terpencil. Novel "Sampan di Seberang" Tentang Pengabdian, Persahabatan & Kenangan, Tunggu Kehadirannya...!!! Karya Kamal; Novel Jalan Impian, Novel Pardangolan, Novel Sampan di Seberang, Buku Bait Bait Hati & Buku Facebook Mengguncang Dunia Akhirat. __Mustopa Kamal Batubara__ __Facebook: Mustopa Kamal Batubara.__ __Instagram: @kamal_btr.____Twitter: @mustopakamalBTR____Email: mustopakamalbatubara@gmail.com__ __Salam Karya Kamal__

Jumat, 13 Februari 2015

(Keindahan Sungai Batang Gadis Aek Godang Mandailing)

Hai-hai sobat traveler Indonesia, hari ini kita akan traveling alias jalan-jalan, mau kan? Siapa sih yang gak mau diajak jalan-jalan hehe… kali ini kita akan traveling ke provinsi multietnis, ya, Sumatera Utara. Kita akan mengunjungi kabupaten serambi mekahnya Sumatera Utara, pasti udah tau dong?. Ya kabupaten Madina atau  Mandailing Natal, eitss jangan salah sangka dulu dari namanya, Natal itu bukan karena tempat ini daerah non muslim tapi Natal itu adalah nama pantai sekaligus nama kota kecamatan di pesisir mandailing, konon sejarahnya orang portugis mendarat di pantai Natal ini ketika hari natal, jadi deh naman tempat ini dengan sebutan Natal.  (Gambar Disamping: Sungai Batang Gadis dengan Latar Masjid Agung)


Mandailing merupakan suku asli daerah di kabupaten ini sedangkan Natal menyimbolkan suku yang berdiam di daerah pesisir, itulah sebabnya kabupaten yang luas ini diberi nama kabupaten Mandailing Natal, agar suku Mandailing bias menyatu dengan suku pesisir yang terdapat di daerah pantai Natal. Orang-orang di sini sangat baik-baik lo, mereka sifatnya sangat ramah dan mudah bergaul kepada para pendatang, kabupaten ini juga dikenal dengan sebutan kota santri.  (Gambar Diatas: Tangga Sekitar Bendungan Sungai)
                                                                                      
Yapss… di kabupaten Madina ini sangat banyak sekali terdapat pondok pesantren lo. Masa iya? Iya bener…. Orang-orang dari luar daerah banyak berdatangan ke tempat ini untuk menuntut ilmu, seperti Aceh, Medan, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Jakarta, bahkan orang-orang Malaysia juga pernah menuntut ilmu di Mandailing ini, khususnya di pondok pesantren Musthafawiyah, pesantren yang sudah masyhur dan merupakan salah satu pondok pesantren tertua di Indonesia, Pesantren ini genap 100 tahun pada 2012. Sekarang santri nya mencapai 8000 orang, luar biasa bukan?. Eitss… udah gak sabaran ya, traveling ke Aek Godang nya, yups to the poin aja  dah… Ok….!!!
(Masjid Agung di Tepian Sungai Batang Gadis)

          Aek godang adalah salah satu objek wisata yang terdapat di kabupaten Madina. Dalam Bahasa Mandailing  aek itu artinya air, sedangkan godang artinya besar. Jadi arti nama tempat ini adalah air yang besar (sungai). Ditempat ini kita akan menemukan sungai batang gadis, sungai terbesar yang yang ada di Madina, bermuaranya ke pantai Natal. Siapa aja boleh datang ke tempat ini  lo, karena letaknya yang tepat berada disekitar Jalan Lintas Sumatera. Objek wisata ini sekitar sepuluh menit perjalanan dari pusat kota Panyabungan, ibukota kabupaten Madina sendiri.

(Jalan Menuju Objek Wisata Paya Bulan)


Pas nyampe di tempat ini, kita akan dimanjakan dengan gemericik suara air dari bendungan sungai batang gadis. Jika kita berdiri di jembatan di atas bendungan ini maka kita akan menyaksikan fatamorgana yang sangat luar biasa, kita bisa memandang puncak gunung sorik marapi, indahnya alam sekitar, indahnya taman di tepian sungai dan birunya langit yang meneduhkan hati. Disini juga terdapat Masjid yang sangat megah lo, namanya Masjid Agung Nur Alan Nur, menaranya yang menjulang tinggi menyempurnakan keindahan tempat ini.

                  (Taman Masjid Agung)

Ketika lebaran biasanya di Aek Godang ini ada perahu boat yang siap membawa traveler menyusuri keindahan sungai batang gadis, disini juga terdapat pondok-pondok kuliner yang siap memanjakan lidah anda. Asyik kan ? Maka tidak heran jika tempat ini selalu banyak dikunjungi orang-orang baik untuk singgah sejenak maupun untuk traveling, jadi kamu-kamu yang belum pernah datang ke tempat ini ayo jalan-jalan kesini, dijamin happy….!!! Let’s go to Aek Godang. "Aek Godang Mandailing surga tersembunyi Indonesia".


0 komentar:

Translate

Jumlah Pembaca

Instagram @kamal_btr